Gereja Masehi advent Hari Ketujuh

Kamis, 08 November 2012

Isu kenaikan bbm


Tugas Final Speech And Voice
Pidato Istansi Pemerintahan
                                                                                            
Isu kenaikan bbm
Salam pembuka
asalamwalaikum waramatulahi wabarakatu, salam sejahterah kepada kepada kita semua yang telah hadir memenuhi rungan ini dan juga saya ingin menyapa saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air yang menyaksikan pidato saya pada saat ini melalui siaran televisi dimana saja anda berada. Sebangai bangsa Indonesia yang baik dan benar sepatutnya kita kebalikan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas ridoh dan perlindunganya kita semua dapat berkumpul dirungan ini.
Pendahuluan
Saat ini saya ingin memberikan penjelasan tentang isu yang beredar akhir-akhir ini dimedia masa yang sementara berkembang tidak lain yaitu isu yang beredar bahwa pemerintah akan segerah menaikan harga BBM  dalam waktu dekat ini. Untuk itu saya pada saat ini sebagai kepalah pemerintah ingin menyampaikan penjelasan tentang hal ini.
Isi pidato
Saudara-saudara isu yang sekarang yang paling terkemuka yang sudah diliput oleh medi masa, siang dan malam adalah isu tentang kebijakan kenaikan bbm dan arti dari dari amandemen pasal 7 dari UU apbn perubahan tahun 2012, hal ini menjadi pertanyaan besar bagi sebagian besar masyarakat indonesia, tentang mengapa dan alasan apa harga bbm dapat dan perlu dinaikan sudah  sangat seringdijelaskan selama ini meskipun penjalsan ini sering tidak dipahami dengan baik makna dari pasal 7 UU apbn perubahan tahun 2012 adalah pemerintah diberikan kewenangan untuk menaikan atau menurunkan harga bbm dengan satu aturan tertentu. Aturan itu adalah penyesuaian harga bbm dapat dilakukan manakalah ada perubahan sebayak 15% atau lebih rata-rata dalam 6 bulan terakhir terhadap harga minyak Indonesia. Dalam pasal itu pula juga disebutkan kewenangan terhadap pemerintah untuk menetapkan kebijakan pendukung sebagai respon dari penyesuaian harga BBM.
Sudara-saudara sebenarnya kewenangan pemerintah seperti itu bukan luar biasa karena otoritas atau kewenangan itu juga berlaku di bayak negara dan juga pemerintahan Indonesia sejak pemerintahan-pemerintahan yang lalu. Selaku kepala pemerintahan saya menyambut baik aturan ini karena pemerintah diberikan ruang dan kewenangan yang sah untuk menyesuaikan harga BBM sekaligus diatur pula ketentuan bahwa penyesuaian  itu dapat dilakukan apabila tepat pada waktunya jadi aturan 15% selama enam bulan terakhir tentu dengan alasan dan pertimbangan yang cermat bukan semaunya pemerintah meski pemerintah telah diberikan kewenangan untuk menyesuaikan harga BBM itu. Justru aturan seperti itu adalah sama dalam pandangan saya, pandangan pemerintah bahwa menaikan BBM adalah suatu cara atau jalan terakhir jika tidak ada yang lebih tepat lagi. Rakyat indonesia tahu sebagai contoh meskipun sejak bulan Oktober tahun 2011 yang lalu harga BBM terus melonjak tetapi sejak saat ini saya sebai pemerinth belum menaikan harga BBM tersebut  karena pemerintah terus berupaya dan beriktiar untuk mencari solusi yang lain manakala solusi itu dapat ditemukan. Terkait dengan wacana kenaikan harga BBM dewasa ini sampai saat ini saya juga sedang mengikuti hal-hal yang beredar dimasyarakat luar saya mahu menyampaikan hal-hal sebagai berikut.
Pemerintah akan terus mengikuti dan mencermati harga minyak dunia apakah perkembangan harga minyak itu sudah  melumpuhkan perekonomian kita jika tidak ada penyesuaian harga atau kita masih bisa memilih bertahan dengan solusi yang lain kami akan ikuti terus secara cermat minggu demi minggu bulan demi bulan.
Dengan keluarnya aturan baru dengan apbn perubahan tahun 2012 yang saya sudah katahakan tadi yang sudah sejalan dengan pikiran pemerintah, maka sikap adanya lonjakan harga kenaikan harga minyak pada bulan-bulan mendatang ini pemerintah berkewajiban untuk menguji perkembangan harga itu untuk kita tarik undur 6 bulan terakhir dan dikaitkan dengan pasal 7 ayat 6 a apakah sudah diperlukan untuk menaikan harga BBM atau  belum diperlukan atau tidak perlu diperlukan kenaikan harga BBM itu.Pemerintahan yang saya pimpin akan terus tahan akses dan menghormati undang-undang yang berlaku termaksud UU UPBN perubahan tahun 2012.
Saudara-saudara, rakyat Indonesia yang saya cintai, saya sebagai president yang pernah menaikan hargaBBM sekaligus pernah menurunkan harga BBM, saya sangat tau dampak atau implikasi terhadap masyarakat kita meskipun disisi lain menyelamatkan perekonomian kita sehingga sekali saya mau katakan bahwa kenaikan harga BBM akan dilakukan apabila benar-benar terpaksa. Dan apabila kenaikan itu diambil maka akan ada perlindungan bagi masyarakat miskin dan masyarakat berpenghasilan yang rendah.
Dengan penjelsan ini saudara-saudara terikat pula dengan pasal 7 ayat 6 a yang harus pemerintah patuhi dengan sendirinya tidak akan ada kenaikan harga BBM pada 1 april 2012 ini sebagaimana yang telah dispekulasikan oleh masyarakat kita. Saudara –saudara bagian akhir dari pejelasan saya adalah instruksi saya kepada jajaran pemerintah serta harapan dan ajakan saya kepada rakyat Indonesia untuk bersama-sama menjaga dan menyelamatkan perekonomia kita sekarang dan kedepan nantinya.
Pertama-tama saya mau meyampaikan instruksi saya kepada jajaran pemerintah termaksud para gubernur, para bupati dan para walikota. Sesuai dengan sumpah dan itikat jabatan kita kepada bangsa dan negara saya ingin mengajak saudara-saudara marilah kita terus berusaha dengan sekuat tenaga untuk menjaga dan memelihara perekonomian kita sesuai dengan APBN perubahan tahun 2012 yang berlaku sekarang ini, saya berharap saudara-saudara terus setia dan patuh terhadap semua kebijakan pemerintah sesuai dengan ketentuan undang-undang dasar dan undang-undang yang berlaku. Diwaktu yang lalu didalam menghadapi bergagai krisis ekonomi yang terjadi kita selalu bisa mengatasinya dan bahkan ekonomi kita terus terjaga dan bahkan  sanggat baik oleh karena itu sedinamis apapun dan seberat apapun permasalahan ekonomi yang kita hadapi saya berharap kita bisa mengatasi semuanya itu secara bersama-sama. Dari aspek sosial politik dan keamanan terutama yang ada didaerah saudara-saudara saya menginstruksikan agar semua pemimpin pemerinthan daerah bertanggung jawab dan bertugas untuk menjaganya agar masyarakan akan merasakan suatu ruang lingkup yang aman serta tentram dan dengan terjaganya situasi politik, sosial dan keamanan disetiap daerah diseluruh wilayah bangsa yang kita cintai ini madeka setiap kegiatan pembangunan yang berada di setiap daerah harus dapat dilakukan dengan semaksimal mungkin dan dengan sebaik-baiknya.




Kesimpulan
Dalam kaitan ini saya ingin menyampaikan terimah kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran POLRI yang dibantu oleh TNI yang selama ini telah menjalankan tugas dengan tidak mudah, yang penuh tantangan tetapi mulia yaitu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sering kali saudara menghadapi situasi yang tidak mudah tetapi saya menilai pada umumnya saudara bisa mengemban tugas dengan baik. Demokrasi memang sekali-kali menghadirkan situasi yang boleh dikatakan menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Namun demikian sesuai dengan tugas profesional jajaran keamanan masyarakat perlu menjaganya dengan tepat sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kepada para pelaku ekonomi dan kepada para pelaku dunia usaha saya tegaskan bahwa pemerintah akan terus menjaga kondisi ekonomi makro Indonesia dan akan tetap berusaha sekuat tenaga untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. Kalau ada tekanan-tekanan baru sehungungan dengan perekonomian yang terjadi di Indonesia seperti yang telah kita hadapi ditahun-tahun yang lalu bahkan sampai sekarang ini pemerintah akan merespon dengan langkah kebijakan dan langkah tindakan yang tepat dan yang diperlukan. Para pelaku ekonomi dan para pelaku dunia usaha tidak perlu kawatir karena kami akan terus menjaga iklim yang kondusif baik kegiatan infestasi dan bisnis yang ada di Indonesia. Kemudaian kepada seluruh rakyat Indonesia yang sangat saya cintai saya ingin katakan pada kesempatan yang berbahagian ini bahwa saya akan tetap bersama saudara seperti selama ini dalam suka dan dalam duka, dalam syukur karena kita telah mencapai pencapaian dan dalam tawakan ketikan negara kita menghadapi bencana dan ujian. Saya dan pemerintah akan terus berusaha deng sekuat tenaga untuk menghadapi tantangan dan persolan bangsa apapun itu yang akan kami hadapi bersama kedepan termasuk didalam menyelamatkan perekonomian nasional kita karena segalahnya tentu untuk kepentingan saudara-saudara rakyat Indonesia. Kadang-kadang angapan saya bahwa saya berada dalam kondisi yang sulit dan sangat tidak mudah karena harus mengambil keputusan yang tidak populer dan sering kali pula saya harus mengabaikan untung rugi dari sisi politik kerena keputusan yang pahit yang bisa tidak populer itu benar-benar atau semata-mata untuk kepentingan  yang lebih besar yaitu kepentingan rakyat bangsa dan negara.
Penutup
Itulah yang ingin saya sampaikan saudara-saudara, dan dengan demikian dan dengan apa yang telah, sedang dan akan dilaksanankan oleh pemerintah kedepan ini menyelamatkan perekonomian kita maka marilah kita memohon, bimbingan dan petunjuk dari Tuhan Yang Maha Kuasa agar perjalanan bangsa dan negara ini dapat menujuh kearah yang benar.
Salam penutup
Kiranya penjelasan yang telah saya beriakn sebangai kepalah pemerintah dapat membeikan wawasan kepada seluruh warga Indonsia yang saya cintai, dan tak putus-putusnya saya ingin mengajak kita semua untuk bersatu membangun bangsa yang kita cintaiini. Akhir kata; Asalamwalikum waramatulahi wabarakatu, salam sejahterah untuk  kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar