Gereja Masehi advent Hari Ketujuh

Kamis, 08 November 2012

Nokia Corporation


Tugas Final Speech And Voice
Pidato Dari Perusahaan
Nokia Corporation

Salam pembuka,

Asalamwaikum waramatulahi wabarakatu, salam sejahtera kepada para hadirin yang terhormat yang saudah hadir saat ini tuk mengikuti penjelasan dari saya mengenai peruhaan kami yaitu  Nokia Corporation  dan pada saat ini saya akan membahas tentang perusahaan kami

Pendahuluan

Untuk bagian perkenalan ini saya akan memberikan sedikit pejelasan mengenai Nokia Corporation. Nokia Corporation adalah produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia serta merupakan perusahaan terbesar di Finlandia. Kantor pusatnya berada di kota Espoo, Finlandia, dan perusahaan ini paling dikenal lewat produk-produk telepon genggamnya. Nokia memproduksi telepon genggam untuk seluruh pasar dan protokol utama, termasuk GSM, CDMA, and W-CDMA (UMTS). Jadi dalam pidato saya pada kesempatan ini ada tiga hal besar mengenai perusahan kami yang akan saya bahas yaitu sejarah dari Nokia, revolusi/perkembangan dari Nokia dan Portofolio IT Nokia
Isi Pidato
Saat ini kita masuk pada pembahasan saya yang pertama yaitu mengenai sejarah dari Nokia. Kata Nokia berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negara Finlandia Selatan. Nokia didirikan sebagai perusahaan penggilingan pulp oleh Fredrik Idestam pada tahun 1865. Perusahaan Karet Finlandia kemudian mendirikan pabriknya di kawasan sekitarnya pada awal abad ke-20 dan mulai menggunakan merek Nokia. Tak lama setelah usainya Perang Dunia I, Perusahaan Karet Finlandia mengakuisisi Perusahaan Penggilingan Kayu Nokia dan Perusahaan Kabel Finlandia (sebuah produsen kabel telepon dan telegraf). Ketiga perusahaan tersebut digabung menjadi Nokia Corporation pada tahun 1967. Kemudian dikembangkan menjadi mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik pembuat kertas terkemuka di Eropa.
Pada tahun 1950-an Chief Executive Officer (CEO) Björn Westerlund meramalkan, bahwa masa depan pertumbuhan beberapa sektor bubur kayu dan kertas akan terbatas dan sebagai gantinya dibangun sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki, dari sinilah cikal bakal mulai menjurus ke sektor seluluer. Selama 15 tahun Nokia elektronik mengalami masa percobaan dari beragam kesalahan. Akan tetapi, dari semua kesalahan dan percobaan itu, secara bertahap justru terbangun keterampilan substansial dari sekumpulan ahli yang berbakat. Tahun 1970-an Nokia dan pabrik pembuat televisi Salora bergabung untuk mengembangkan telepon genggam (telepon seluler).

Hal yang kedua ialah mengenai revolusi perkembangan dari Nokia. Revolusi perkembangan produk-produk Nokia terbagi menjadi empat jaman, yaitu tahun first century, the move to mobile, mobile revolution dan Nokia now. First century terjadi pada tahun 1865 sampai dengan 1967, ketika Nokia baru didirikan. Pada awal berdirinya Nokia masih berupa pabrik pengolahan bubur kayu dan mulai beralih menjadi pabrik elektronik yang menghasilkan peralatan rumah tangga, sepatu, kabel, dan komputer. Sampai pada akhirnya pada tahun 1967, Nokia bergabung dengan Finnish Rubber Works dan Finnish Cable Works, mendirikan Nokia Corporations.
Era kedua, The move to mobile, terjadi sejak 1968 sampai dengan 1991. Pada masa ini, Nokia bekerja sama dengan pabrik televisi Salora, memproduksi Mobira Oy. Pada tahun 1981, Nokia juga menciptakan Nordic telephone (NMT), sebagai ponsel analog pertama di dunia. Pada masa ini pula diperkenalkan roaming internasional dan telepon modil.
Sampai pada tahun 1991, Nokia memutuskan untuk mengubah strateginya, dengan berfokus pada pengembangan telekomunikasi dan mobile telephon (mobile revolution), dan menjual semua kepemilikan sahamnya diluar divisi ponsel. Selain itu, Nokia juga mengakuisisi Technophone, produsen ponsel terbsesar kedua Eropa yang telah berhsil memasuki ke pasar Amerika Serikat. Masukknya nokia ke Amerika Serikat sempat mengalami hambatan, yaitu tuntutan yang diajukan Motorola sebagai produsen ponsel terbesar di Amerika Serikat saat itu. Namun keputusan berani ini terbukti telah meningkatkan profitanilitas Nokia dengan cepat dan membuat Nokia dapat menetapkan sasaran – sasaran baru yang lebih besar. Pada masa ini, Global System for Mobile communications (GSM) pertama kali digunakan oleh Perdana Mentri Firlandia saat itu, menggunakan produk Nokia, membawa Jorma Ollila ke kursi CEO Nokia. Pada tahun 1992,Nokia merubah slogannya menjadi bahasa Inggris, Connecting People, yang digunakan hingga saat ini.
Nokia now Perkembangan selanjutanya terjadi dengan cepat, ditandai dengan ukuran ponsel yang semakin kecil, tersegmentasi sesuai dengan keragaman kelompok penggunanya, dan munculnya layanan baru, seperti SMS, MMS, radio, dan yang terakhir, teknologi inteernet. Pada tahun 2002 Nokia meluncurkan 6650 sebagai produk 3G perta,amya. Dan di tahun 2006, Nokia memutuskan untuk membangun jaringan bersama Siemens. Teknologi terakhir Nokia ditandai dengan diluncurkanya OVI, produk Nokia yang menggabungakan selular dan internet. Dari Peerubahan Nokia dari era ke era yang lain, dapat dilihat bahwa kesuksesan Nokia terjadi karena ia selalu mengandalkan kemauan dan kemampuanya untuk memahami dan memanfaatkan perubahan yang terjadi di pasar. Keadaan yang senantiasa berubah menurut perilaku para pelaku bisnis untuk melakukan perubahan strategi, untuk memperbaharui dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.
Dan hal terakhir yang akan saya bahas pada saat ini adalah mengenai Portofolio IT Nokia. Untuk memberikan produk yang selalu up-to-date, Nokia melakukan inovasi di segala bidang, terutama pada bagian teknologi yang terus berubah. Untuk itu, Nokia mendirikan Nokia Research Centre (NRC) yang ditujukan untuk meneliti teknologi maupun fasiliitas yang dapat ditambahkan pada produknya, yang dapat membantu penggunanya. Penelitian yang dilakukan di Pusat Penelitian Nokia berfokus pada empat hal, yaitu rich context modeling, new user interface, high performance mobile platform dan radio cognitive. Dalam tiga hal tersebut, Nokia memusatkan penelitianya pada apa yang akan digunakan orang pada masa mendatang , trknologi dan tampilan seperti apa yang disukai dalam infrastruktur yang dibutuhkan untuk mewujudkan hal-hal tersebut.
Rich context modeling adalah pengembangan teknologi yang disesuaikan dengan lingkungan penggunaanya. Hal ini berhubungan histori informasi, serta kondisi lingkungan sekitar, seperti cuaca, lokasi, dan lain sebagainya. Arah dari penelitaian ini adalah menciptakan suatu layanan berbasis kecerdasan buatan, yang diharapkan dapat memberikan layanan cerda, seperti forecasting ekonomi, pencarian rute terdekat, atau lensa kamera yang dapat mengenali sejarah, atau informasi suatu tempat.
New user interface berfokus untuk menciptakan suatu tampilan yang nyaman untuk penggunaanya, yang dapat mendukung personalisasi, pengguna yang disesuaikan dengan infrastruktur dan integrasi dengan jaringan. Untuk kenyamanan penggunaaan perangkat dilengkapi dengan karakteristik unik, seperti gerakan manusia, yang disesuaikan dengan aktifitas penggunanya. Contoh pengembangan teknologi ini adalah proses yang dikenali dengan menggerakan tangan yang memegang ponsel, atau penrjemah bahasa yang disesuaikan dengan tempat yang dikunjungi oleh pemilik handphone, yang dapat memberikan terjemahan kata-kata yang banyak digunakan oleh pelancong. Contoh lainya adalah menghubungkan dua buah alat dengan cara yang unik, misalnya dengan menyentuhkan dua buah ponsel, untuk berbagi weblink, kartu nama atau data lainya.
Nokia berusaha untuk mempertahankan high performance mobile platform dengan menghemat energy yang tersedia, mengembangkan teknologi berbasis indera perasa dan membangun arsitektur yang memiliki kemampuan melebihi batasan fisik dari perangkat yang ada. Salah satu pengembanganya adalah bateri hemat energy, daya tampung penyimpanan data dan posnel yang semakin besar, serta kemampuan perangkat selular yang hampir menyamai kemampuan PC atau laptop.
Nokia juga memaksimalkan penggunan gelombang radio yang tersebar disekitarnya. Pengembangan teknologi yang dilakukan antara lain dengan meminimalkan penggunaan modem untuk mengoptimalkan jaringan lokal maupun jarak jauh. Contih pengaplikasian teknologi ini adalah penggunaan ponsel untuk mengoperasikan alat elektronik yang ada di sekitarnya melalui gelombang  radio yang dipancarkan masing-masing alat, ataupun penggunaan ponsel untuk mengirim email, web confernce, MMS dan lain sebagainya.
Kesimpulan
Setelah membahas bayak mengenai perusahan kami saya berkesimpulan sebagai berikut. Banyak perusahaan berbasis teknologi yang melakukan kesalahan strateginya. Mereka berfokus pada bisnis pilihan mereka dalam waktu yang terlalu lama, tanpa menyadari perlunya berinvestasi pada penciptaan hal baru maupun pengembangan teknologi baru yang mungkin akan menggantikan teknologi lama. Perubahan pasar dapat terjadi setiap saat, sehingga cara lama dimana perusahaan dituntut untuk menentukan visinya sampai sepuluh atau dua puluh tahun kedepan tidak lagi dilakukan. Perubahan strategi dapat terjadi setiap saat mengikuti perubahan pasar. Untuk menguasai pasar, tidaklah mungkin dapat dilakukan sendiri. Cara paling efektif untuk itu adalah dengan menggandeng perusahaan lain yang memiliki kepentingan yang sama untuk saling melengkapi, baik untuk menciptakan produk maupun membentuk standar baru dalam pasar.
 Penutup
Yang perlu kita ingat dan cermati disisni ialah Komponen penting dalam kesuksesan perusahaan adalah visi dan strategi bisnis yang jelas, ethos kerja yang baik dan adanya orang-orang berbakat di bidangnya.
Salam penutup
Demikianlah presentasi singkat dari saya mengenai perusahan kami, dan bagiamana kami menjaga agar Nokia tetap eksis didunia industry teknologi. Trima kasih buat perhatianya. Asalamwalaikum waramatulahi wabarakatu dan salam sejahtera untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar